Pole, Rossi Akhiri Penantian Bridgestone  

Diposting oleh denz2611


Minggu, 1 Juni 2008 01:09 WIB

MUGELLO, SABTU - Sudah cukup lama Valentino Rossi tak pernah menempati pole position. Sejak menempati posisi start terdepan di Catalunya tahun lalu, pembalap berjuluk The Doctor tersebut harus memulai balapan dari belakang.

Namun pada Sabtu (31/5), Rossi mengakhiri penantiannya tersebut. Pada babak kualifikasi GP Italia, pembalap jagoan Fiat Yamaha itu berhasil mencatat waktu tercepat sehingga pada balapan di Sirkuit Mugello, Minggu (1/6) ini, pembalap berusia 29 tahun tersebut akan memulainya dari posisi terdepan.

Hasil tersebut membuat Rossi menambah catatan sejarahnya selama tampil di kelas paling bergengsi di dunia balap motor. Ini merupakan pole ke-40 Rossi selama terjun di kelas utama (500cc dan MotoGP) serta yang ke-50 dalam kariernya di grand prix.

Yang lebih menggembirakan lagi, sejarah itu dibuat di depan publiknya dan untuk pertama kalinya dia lakukan menggunakan ban Bridgestone. Artinya, dalam debutnya bersama pabrikan asal Perancis itu, Rossi langsung mengakhiri dominasi Michelin yang selalu merajai Mugello.

Tak ayal, The Doctor sangat gembira dengan raihannya tersebut. Setelah pencapaian 49 kali menempati pole position terhenti di Catalunya tahun lalu, akhirnya dia bisa menggenapinya jadi 50 kali.

"Ini sangat hebat, kualifikasi yang luar biasa karena saya harus menunggu dalam waktu hampir satu tahun untuk kembali menempati pole position. Ini benar-benar hebat! Sekarang, kami berusaha untuk menjadi pemenang saat balapan nanti," ungkap Rossi, Sabtu (31/5).

Selama free practise 1 dan 2 yang dilakukan hari Jumat, Rossi tak pernah menjadi yang tercepat. Bahkan pada free practise 3 yang berlangsung Sabtu pagi, juara dunia tujuh kali tersebut harus puas di posisi enam. Namun ketika masuk babak kualifikasi, dia mencatat waktu tercepat."

Memang sangat menyenangkan, karena saya sempat khawatir akibat saat latihan kami menghadapi sedikit masalah pada motor dan saya belum mendapatkan irama yang tepat. Karena itu, saya harus berterima kasih kepada seluruh tim karena mereka kerja keras selama makan siang sehingga sore harinya saya bisa tampil prima dan sangat cepat saat babak kualifikasi," tandasnya.

Kini, Rossi menatap rekor lain. Jika menjadi juara pada balapan hari Minggu ini, The Doctor akan tercatat sebagai pembalap pertama yang juara tujuh kali di Mugello, sekaligus mengakhiri "kutukan" Bridgestone yang tak pernah menang di sirkuit tersebut. (CRS/LOU)

Source : kompas.com

This entry was posted on 12.18 and is filed under . You can leave a response and follow any responses to this entry through the Langganan: Posting Komentar (Atom) .

0 komentar